Tak Perlu Ragu Lagi Ambil Kuliah di Jerman, Ini Alasannya!

Buat yang ingin mengejar pendidikan, terutama untuk S2 dan S3, tidak sedikit yang memilih untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi di luar negeri. ada banyak negara yang menawarkan sistem pendidikan yang cukup tinggi, salah satunya adalah Jerman yang jadi tujuan paling populer di kalangan pelajar di dunia.

Jangan ragu lagi untuk memilih Jerman sebagai tempatmu menimba ilmu karena punya banyak alasan penting, seperti berikut ini.

Salah Satu Pendidikan Terbaik di Dunia

Ngaku deh, kalau membaca tulisan “Made in Germany”, kebanyakan akan mengakui kualitasnya yang cukup baik, seperti mobil atau mesin elektrik. Begitu juga dengan pendidikannya yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia, terutama di bidang teknik dan sains.

Jerman punya banyak universitas yang masuk dalam 100 universitas ternama di dunia tahun 2018. Mulai dari Ludwig Maximilian University of Munich (34), the Technical University of Munich (41), Heidelberg University (45), Humboldt University of Berlin (62), RWTH Aachen University(79), University of Freiburg (82), Free University of Berlin (88), Technical University of Berlin (92), University of Tübingen (94) dan University of Bonn (100).

Biaya Pendidikan Murah

Kalau membicarakan soal belajar di luar negeri, banyak yang mengaitkannya dengan biaya yang sangat mahal. Tapi berbeda dengan di Jerman. Pelajar yang berasal dari luar Jerman bisa hidup dan kuliah di Jerman dengan lebih murah, tergantung pada universitas dan fasilitas yang didapat.

Mendapat Kursus Bahasa Jerman

Salah satu tantangan yang sering dialami calon pelajar saat memutuskan untuk berangkat ke Jerman adalah soal bahasa. Tidak mudah memang, untungnya bagi yang belum terlalu menguasai bahasa Jerman, ada banyak kursus dan program sarjana yang ditawarkan dalam bahasa Inggris, terutama di tingkat magister. Tapi memang ada baiknya untuk membekali diri setidaknya dengan bahasa dasar yang membuatmu lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan sehari-hari di Jerman.

Bisa Cari Uang Tambahan

Kita yang merasa memerlukan pemasukan tambahan, minimal untuk sedikit bersenang-senang di Jerman bisa mencoba untuk bekerja paruhg waktu. Selain mencari beasiswa, pelajar juga diberi kesempatan mendapat pekerjaan paruh waktu.

Peluang kerja paruh bisa di restoran, supermarket, hingga menjadi pengasuh anak. Setiap pelajar yang berasal dari luar Jerman mendapatkan izin untuk bekerja selama 120 hari penuh sehingga tidak sampai mengganggu kelangsungan studi-nya.

Kesempatan kerja

Salah satu alasan banyak orang memilih untuk melanjutkan pendidikan di kampus-kampus yang ada di luar negeri adalah meningkatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan impian. Di Jerman, setelah mendapatkan gelar sarjana, pelajar bisa tinggal hingga 18 bulan untuk mencari pekerjaan yang terkait dengan kualifikasi yang dimiliki.

Buka Peluang Jelajahi Eropa

Jerman memang berbatasan dengan banyak negara di Benua Eropa. Tidak heran jika Jerman dijadikan negara tujuan liburan utama karena memudahkanmu untuk traveling ke negara lain hanya dengan menggunakan mobil atau kereta. Apalagi berbekal visa pelajar Jerman memberimu kesempatan untuk bepergian ke 26 negara tanpa batas.

Mau jalan-jalan di akhir pekan dengan menggunakan kereta atau pesawat pun jadi lebih mudah dan terjangkau. Nikmati serunya bermain ski di pegunungan Alpen, mendaki gunung di Dolomites, menikmati pantai di Barcelona, hingga mengunjungi Paris.

Cukup Aman

Jauh dari rumah, membuat banyak orangtua mengkhawatirkan kondisi anak-anak yang belajar di luar negeri. Walau jadi pengalaman yang akan mengasah kemandirian, tapi keamanan dan kenyamanan selama belajar di negeri orang harus jadi prioritas.

Jerman umumnya termasuk negara yang aman dengan kejahatan berskala rendah. Selain itu, masyarakat yang datang dari berbagai penjuru dunia membuat tingkat toleransi antar orang cukup tinggi, sehingga jarang terjadi insiden rasisme.

Ada banyak alasan yang akan meyakinkanmu untuk memilih Jerman sebagai tempat untuk menuntut ilmu lebih tinggi lagi. Tunggu apalagi?



Tinggalkan komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of
Kirim Pesan via WA