Sekilas Tentang Jerman

Negara Jerman adalah sebuah negara yang terletak tepat di jantung benua Eropa yakni  Eropa Tengah dan berbatasan langsung dengan sembilan negara. Di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia, Luksemburg, dan Perancis, di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria, di sebelah timur berbatasan dengan Ceko dan Polandia, dan di sebelah utara berbatasan dengan Denmark. Jerman merupakan negara terluas ke-7 di Eropa dan ke-62 di dunia, dan berpenduduk sekitar 82 juta jiwa sehingga Jerman merupakan negara anggota Uni Eropa yang paling padat penduduknya.  Secara astronomis wilayah Jerman terletak diantara 47o LU – 55o LU dan 6o BT – 15o BT. Luas keseluruhan negara Republik Federal Jerman sekitar 357.021 km2 dengan panjang daerah perbatasan sekitar 3.758 km dan panjang pantai 2.389 km. Terdiri dari luas daratan 349.223 km² (134,836 mil²) dan luas lautan 7.798 km² (3,011 mil²). Terbentang antara Laut Utara dan Laut Baltik di utara dan Pegunungan Alpen di selatan. Tiga diantara sungai terbesar di Eropa yakni : Rhein, Donau dan Elbe beralir melalui Jerman. Bentang alamnya sangat beragam dan penuh daya tarik, ada bukit barisan, pegunungan tinggi, pedataran dengan gugus danau serta hutan yang luas. Luas  Republik Federal Jerman hampir sama dengan tiga perempat luas pulau Sumatera. Dari perbatasan utara sampai ke selatan, daerah pegunungan Alpen, Jerman terbagi secara topografis menjadi 5 bentang alam; dataran utara Jerman, kawasan tengah pegunungan bergelombang, kawasan pegunungan bertingkat di bagian barat daya, kawasan kaki pegunungan Alpen di selatan dan kawasan pegunungan Alpen Bayern. Jerman termasuk daerah beriklim sedang, dengan frekuensi perubahan cuaca yang tinggi. Hujan turun di sepanjang tahun dengan intensitas yang berbeda-beda. Suhu rata-rata pada bulan Januari di daerah dataran utara antara 1,5° – -0,5°C, dan dareah pegunugan berkisar sampai – 6°C, sementara suhu pada bulan Juli di daerah dataran utara sekitar 17° – 18°C. Temperatur rata-rata tahunan berkisar pada 9°C.

Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Negara yang terdiri dari 16 negara bagian ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa (penduduk terbanyak), penghubung transportasi barang dan jasa antarnegara sekawasan dan menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia. Wilayah negara ini sekarang adalah hasil dari Perang Dunia II dan sebelumnya memiliki cakupan yang jauh lebih luas, mencakup bagian dari Polandia, Ceko, serta Kaliningrad (atau Königsberg, sekarang dikuasai Rusia). Wilayahnya pernah pula terpecah secara politik sejak tanggal 7 Oktober 1949 hingga tanggal 3 Oktober 1990, disaat bagian timur negara ini dikuasai oleh rezim komunis dan bernama Republik Demokratik Jerman ( Jerman Timur, atau Deutsche Demokratische Republik disingkat DDR).

Jerman adalah negara pendiri Masyarakat Ekonomi Eropa (menjadi Uni Eropa pada tahun 1993). Negara ini juga menjadi anggota zona Schengen dan pengguna mata uang Euro sejak 2002. Sebagai negara penting, Jerman adalah anggota G8, G20, menduduki urutan keempat dalam Produk Domestik Bruto dan urutan kelima dalam Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (2009), urutan kedua negara pengekspor dan urutan kedua negara pengimpor barang (2009), dan menduduki urutan kedua di dunia. Jerman merupakan salah satu negara maju di dunia dan salah satu produksi terkenalnya di Indonesia yakni Mercedes Benz. Jerman adalah negara industri dan berdaya ekonomi paling kuat di Eropa dan dunia,  sektor ilmu pengetahuannya senantiasa melahirkan inovasi. Pada waktu yang sama industri kekreatifan dan kehidupan budaya berkembang dengan subur di Jerman. Jerman juga memegang peran sangat penting dalam segala bidang di Eropa baik dalam hal perekonomian, politik, pertahanan Benua maupun dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Jerman sebagai negara yang mengalami kerusakan total yang memporakporandakan semua sistemnya setelah Perang Dunia II mampu bangkit, menata ulang dan membangun kembali potensi dan kemajuan negerinya. Pada akhir Perang Dunia II Jerman terbagi menjadi dua, Jerman Barat dan Jerman Timur. Pada tahun 1990 Jerman bersatu kembali dan secara resmi terbentuklah  Republik  Federal Jerman atau Bundesrepublik Deutschland.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *